Home » , » TOP 5 REAL STRATEGY GAMES : Game RTS yang berjaya pada masanya.

TOP 5 REAL STRATEGY GAMES : Game RTS yang berjaya pada masanya.


            Beberapa gamers mungkin sudah tidak asing dengan permainan bergenre Real Time Strategy atau biasa disingkat RTS dimana player dituntut untuk memutar otak dan strategi dalam permainan tersebut, permainan berjenis RTS ini sangat cocok dimainkan ketika bosan bermain game bertema FPS atau Hack and slash, tapi jangan salah kalau soal menyita waktu game RTS jagonya. Mungkin pengemar setia game RTS pasti sudah tidak asing dengan game yang akan direkomendasikan dikarenakan beberapa game pernah berjaya pada masanya. berikut beberapa game andalan RTS yang wajib gamers mainkan :

1. Age Of  Mythology

Pasti sudah tidak asing dengan zeus, thor, kronos. itu semua merupakan dewa yang ada dalam mythology yunani, namun game ini tidak hanya menampilkan dewa-dewa yang terkenal dari yunani saja namun juga mythology dari penjuru dunia seperti Mesir. berbeda dengan game pendahulunya yang juga satu perusahaan Age Of Empires, game ini mencoba menyuguhkan dewa-dewa tersebut dalam race yang dapat dipilih. Game ini penuh dengan variasi dan membuat player penasaran dan ingin mencoba semua dewa dengan racenya masing-masing, tidak hanya itu, monster dan makhluk yang tertulis dalam sejarah mythology akan menjadi pasukanmu (seperti chimaira, anubis, dan masih banyak lainnya), karena gamers disini bermain menjadi dewa, juga disediakan fitur menciptakan fenomena alam seperti hujan petir, hujan meteor, penyebaran penyakit dan masih banyak lainnya. game yang benar-benar dibutuhkan oleh pengemar setia game bergenre RTS. Cukup sukes dengan AOM,  pihak developer memunculkan expansionnya yang berjudul TITANS, dimana fitur penambahannya adalah gamers memungkinkan dapat membangkitkan monster besar sebagai senjata pemusnah massal untuk menghancurkan musuh lainnya. cukup menarik dan tidak membosankan memainkan game ini.
Screenshoot

 ini AOM yang the titans
Spoiler


2. Rise Of  Nation

Game ini juga termasuk dalam game 20's yang cukup menarik untuk dimainkan, sebenarnya game ini hampir sama seperti Empire Earth, Age Of Empire yaitu fitur dari zaman ke zaman atau peralihan peradaban (8 tingkatan peradaban) yang berbeda tapi saya lebih merekomendasikan Rise Of Nation ini, karena graphic yang lebih bagus dan gameplay yang menurut saya lebih bagus dan mudah daripada Empire Earth ataupun AOE,namun setiap game memiliki keunggulan masing-masing. Disini player akan memilih negara yang akan dimainkan, layaknya RTS pada umumnya membangun gedung, militer dan peralatan anti-military lainnya juga tidak kalah unik disini player dapat membangun bangunan keajaiban dunia, seperti piramida, candi suku maya dan masih banyak lainnya yang akan memberikan bonus setiap waktunya juga masih banyak fitur unik laiinya seperti upgrade militer dan sumber daya langka yang dapat memberikan bonus tertentu. secara keseluruhan game Rise Of Nation ini termasuk game terbaik diantara kalangan RTS sejenisnya (AOE, Empire Earth) lebih menantang, secara gameplay tidak ribet dan grapiknya jelas lebih unggul. Kesuksesan Rise Of Nation ini tidak berhenti sampai disini, tahun 2006 muncul Rise Of Nation : Rise Of Legends, namun sayang tidak sesukses yang sebelumnya tapi cukup menarik untuk dicoba karena menyuguhkan RTS dengan gaya yang berbeda dengan RTS pada umumnya walaupun ada beberapa kemiripan dengan Rise Of Nation yang pertama.
Screenshoot
Screenshoot Rise Of Nation : Legends
Spoiler


3. Stronghold

Ketika game RTS muncul kebanyakan player akan berfikir tentang membangun sebanyak mungkin prajurit dan alat pertahanan areanya, namun di game Stronghold player tidak hanya akan dituntut untuk hanya berhenti di pertahanan dan serangan saja tetapi juga kepuasan para penduduk kerajaan yang akan melayani player sebagai raja dimana mereka yang akan menjadi buruh dari setiap bangunan yang player miliki dan menjadi prajurit. disini player harus memenuhi kepuasan para rakyatnya dari segi ketersedian makanan dan keamanan, tidak berhenti sampai disitu untuk menciptakan prajurit juga tidak asal tinggal klik, player diharuskan memenuhi kebutuhan persenjataan dan armor prajurit dengan membangun workshop senjata dan armor. Stronghold mempunyai banyak serial yang pertama ada Stronghold Crusader hingga yang terbaru Stronghold 3 (banyak bugnya, harus update banyak patch biar lancar), untuk yang masih bingung soal gameplay disarankan untuk bermain stronghold crusader, karena untuk stronghold berikutnya akan lebih susah dan rumit terutama stronghold 3, dan untuk yang asik dimainkan yaitu stronghold legend dimana terdapat disitu lebih banyak variasi tentara dan makhluk-makhluk legenda seperti naga, werewolf, giant dan lain-lain. game ini pada masanya sangat terkenal karena keunikan gameplaynya. benar-benar game revolusioner RTS pada masanya ditengah game RTS yang serba instan.
Screenshoot
Screenshoot Stronghold Legends
Screenshoot Stronghold 3 (seri stronghold yang paling baru)

Spoiler




4. Command and Conquer

jangan lupakan Command and Conquer kalau bicara game RTS, banyak sekali versi dari Game yang satu ini mulai dari versi paling sederhana Command & Conquer yang pertama dan kemudian muncul Command and Conquer Red Alert (versi pertama, kedua dan Yuri Revenge) yang berjaya pada masanya karena game ini sangat simpel namun variatif dan cukup adiktif, menampilkan pilihan antara negara-negara barat (liberal) dengan negara-negara timur (komunis) , mungkin game ini seidkit terinspirasi dari perang dingin, secara graphic juga tidak begitu mengecawakan sangat bersahabat dengan vga mid-low bahkan tanpa VGA pun (onboard) player dapat dengan maksimal memainkan game ini. saya merekomendasikan game ini bagi player yang rindu memainkan game RTS tanpa harus ribet memikirkan sistem requirement game karena memang game ini sangat flexibel dan siap di segala medan PC ataupun laptop dengan gambar maksimal sekalipun (menurut pengalaman saya sejauh ini lo. bro.) tapi jika gamers tidak ingin graphic sederhana bisa juga memainkan Red Alert yang terbaru yaitu Red Alert 3. Lanjut ke serial lain dari Comand and Conquer yaitu Comand and Conquer : General, kali ini hadir dengan pilihan negara barat vs negara komunis vs negara teroris, cukup variatif walau pilihan negara yang ditampilkan masih banyak di Red Alert, namun secara graphic dan gameplay lebih menegangkan dan memutar otak CnC : General, the next level red alert menurut saya. bagi yang sudah khatam red alert disarankan selanjutnya mengambil jalur jurusan CnC : General ini. game ini termasuk game yang pernah berjaya pada masanya. banyak sekali sebenarnya seri dari CnC tapi menurut saya yang paling berhasil adalah Red Alert dan General.
Screenshoot versi pertama
CnC Red Alert 2
CnC General

Spoiler



5. Battle Realms


Masih ingat dengan game ini, game ini terkenal di awal tahun 2000an, game ini menurut saya innovatif dan kreatif, dengan menyuguhkan 3 race, yang diantaranya samurai(dragon dan serpent), stone age (wolves)  dan juga locust. meski hanya menyuguhkan tiga race namun game ini tertutupi oleh fitur memadukan prajurit yang cukup variatif dan kreatif yaitu game ini tidak hanya sekedar menyediakan prajurit tapi player juga bisa mengkombinasikan prajurit dengan sistem training (misal : prajurit masuk ke training swordman - masuk lagi ke training panah makan akan menjadi samurai ) fitur ini sangat menarik dan membuat player lebih bebas dalam mengkombinasikan prajurit"nya, bahkan player juga bisa memberikan skill bagi setiap prajurit yang dimiliki, dan tentunya skill juga dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan player (atk / def), ditambah lagi ada fitur membangkitkan hero yang cukup keren dari masing-masing race. tidak kalah seru, action para prajurit ketika berperang cukup menarik dan detail. bagi pencinta jepang pasti suka dengan game ini karena ada race dragon yang mana adalah race dinasti jepang (samurai, kabuki warrior, ronin dll). penasaran ? install dan mainkan !!
Screenshot


Bagan Kombinasi prajurit di Battle Realms (dragon race)
Spoiler
               
      List diatas bukan urutan mana yang paling sukses dan berhasil, untuk urusan itu saya serahkan sepenuhnya kepada gamers. sekali lagi ini menurut pandangan saya. sebenarnya masih banyak game RTS yang juga patut untuk dicicip-cicip seperti  Warcraft , Civilization (tidak hanya menyita waktu namun juga pikiran. bro), Company of Heroes, Pharaoh (game yang under-rated tapi begitu dimainkan lumayan adiktif) , Total War (bagi yang suka catur pasti suka game ini) starcraft (gameplay dan story line-nya sangat epic) dan masih banyak lainnya. menurut saya pengemar RTS dibagi menjadi dua, yang pertama adalah pengemar RTS yang senang dengan strategi dan berkutat dengan memutar otak, seperti bermain catur memikirkan segala step entah dalam serangan maupun pertahanan. Kedua, adalah pengemar RTS yang hanya ingin menyita waktu (bermain mengunakan cheat) dan hanya ingin bersenang-senang. tinggal termasuk manakah anda sebagai gamers? install dan mainkan!

Don't Play It Much, Play it Smart!

Original post and words by goddinuse

3 komentar:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. FMP - All Rights Reserved
Template Edited by Goddinuse
Proudly powered by FMP